5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Prodi Penilai/PBB

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Prodi Penilai/PBB

Dari empat jurusan yang ada di PKN STAN, masing-masing akan terbagi lagi ke dalam beberpa prodi nih guys. Misalnya nih, jurusan Pajak dibagi lagi dalam prodi D1 Pajak, D3 Pajak, D3 Penilai/Pajak Bumi Bangunan. Untuk yang terakhir, nama prodinya agak unik yak. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai prodi yang satu ini, yuk cek 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang prodi Penilai/PBB iini

  1. Jurusan ekslusif

Kenapa disebut jurusan yang ekslusif? Karena di seluruh Indonesia, satu-satunya prodi ini hanya ada di kampus yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan ini guys. Selain itu, nggak akan bisa kamu temui prodi ini di kampus lainnya.

  1. Visi prodi Penilai/PBB

Kita sedikit kontekstual yah di poin ini, hehe. Nah, visi dari prodi ini adalah à Menjadi pusat keunggulan dan pencetak sumber daya manusia keuangan dan kekayaan negara di bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan di Indonesia yang amanah, profesional, berintegritas tinggi, serta bersikap kritis dan inovatif terhadap berbagai persoalan dan perkembangan IPTEK.

  1. Penempatan

Jika di jurusan lain penempatannya ada yang di instansi lain, untuk Jurusan Pajak termasuk Prodi Penilai/PBB penempatannya umumnya di Direktorat Jenderal Pajak.

  1. Teknik-nya STAN

Prodi ini disebut juga sebagai prodi teknik yang ada di PKN STAN. Hal ini dikarenakan beberapa mata kuliahnya yang mirip seperti di Jurusan Teknik di kampus-kampus lain nih… Seperti mata kuliah yang berhubungan dengan arsitektur, serta bangunan baik itu dari segi nilai, harga dan nilai uang dari bangunan itu.

  1. Pekerjaan

Kelak lulusan prodi ini ialah menilai aset seperti gedung atau tanah dengan keilmuan yang sudah dipelajari selama kuliah. Kerjanya juga dekat dalam hal ukur-mengukur, hehe.

 

Bagaimana? Keren ya prodi ini. So, jika kelak ingin menjadi seorang Penilai, persiapkan dirimu segera yah guys…

 

 

3 Cara Agar Waktu Menjadi Efektif

3 Cara Agar Waktu Menjadi Efektif

Tiap manusa diberikan waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari dan tujuh hari dalam seminggu. Tapi, hasil dari penggunaan waktu ini berbeda-beda nih…  Nah, untuk itu, kamu perlu untuk menggunakan waktu dengan efektif guys. Berikut ini ada tiga cara agar kamu bisa memanfaatkan waktu secara efektif. Yuk simak ya…

  1. Membuat daftar “To Do List”

Daftar to do list ini bisa juga disebut sebagai daftara kegiatan yang akan dilakukan. Daftar ini penting dibuat, agar kegiatan yang kamu lakukan dapat menjadi lebih teratur. Daftar ini juga bermanfaat banget bagi yang sering lupa terkait agenda apa yang akan dilakukan.

  1. Menetapkan deadline

Ini juga perlu nih, tergantung kebutuhan dan urgensitas agenda tersebut. Deadine yang dibuat akan bermanfaat sehingga kamu lebih disiplin dalam mengerjkan agenda tersebut. Misalnya nih, kamu memberi batas waktu untuk mengerjakan satu tugas dalam jangka wakut dua hari. Nah, kamu juga harus untuk mematuhi deadline yang sudah kamu buat, dan kamu juga nggak akan terkejar-kejar dalam membuat tugas tersebut di malam hari sebelum pengumpulan tugas tersebut.

  1. Fokus

Fokus itu penting banget nih. Dengan fokus, kamu bisa menyelesaikan tugasmu dengan langsung dan sesuai deadline. Jika kamu susah untuk fokus, meski kamu sudah berusaha untuk mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan, namun kamu akan gampang terdistraksi dengan hal lain. Sehingga yang ada kamu akan membutuhkan lama dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan yang akan yang kamu kerjakan. Bahkan berkemungkinan juga untuk tidak on time dalam menyelesaikannya.

 

Nah,  itu dia tiga hal waktu kamu menjadi lebih efektif. Mengingat bahwa waktu kini berjalan dengan cepat dan tidak akan bisa diulang lagi, juga menjadi hal yang akan menjadikanmu untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik-baikya guys …

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu yah…

Keunggulan Jurusan Manajemen Keuangan di PKN STAN

Keunggulan Jurusan Manajemen Keuangan di PKN STAN

Nah, ini dia jurusan selanjutnya yang akan dibahas di artikel kali ini nih … Apa aja sih spesifikasi di jurusan ini? Apa saja keunggulannya? Yuk simak informasi d bawah ini:

1.       Merah sebagai warna identitas

Beda jurusan, beda warna identitasnya. Hal ini pula yang berlaku di kampus PKN STAN. BAhkan pemakaian warna ini tampak menonjol dengan penggunaan warna di kalung KTM para mahasiswa. Nah, kalau Manajemen Keuangan, lambangnya merah nih guys …

2.       Jurusan eksklusif

Jurusan Manajemen Keuangan dibagi lagi ke dalam beberapa program studi, yaitu Manajemen Aset dan Kebendaharaan Negara. Nah, tahu nggak, prodi  tersebut eksklusif loh. Alias hanya di PKN STAN saja, kampus yang mengajarkan mengenai kebendaharaan negara loh. Keren kan…

3.       Paling sedikit yang DO dari jurusan ini

DO alias Drop Out merupakan momok juga nih di kampus yang satu ini. Istilah DO memang nggak asing di lingkungan pendidikan. Meski begitu, biasanya jarang peserta didik, baik itu di kalangan kampus maupun sekolah yang terkena DO nih. Nah, di PKN STAN, DO ini harus diwanti-wanti loh. Karena mental anak PKN STAN yang dibentuk agar disiplin, pelaksanaan DO dilakukan dengan lebih ketat dibanding di kampus lain. Misalnya nih, jika di kampus lain, IPK di bawah 2.75 masih diperbolehkan, di PKN STAN mahasiswa dengan IPK di bawah tersebut terancam DO nih. Tapi tenang aja, rata-rata IPK mahasiswa di sini di atas 3 loh. Bahkan banyak yang di atas 3.5. So, jika mereka bisa, kamu tentu juga bisa. Dan terhitung, mahasiswa di jurusan Manajemen Keuangan yang paling sedikit di-DO.

4.       Penempatan tersebar di berbagai penjuru, bisa jalan-jalan deh

Yup, penempatan lulusan Manajemen Keuangan tersebar hingga ke berbagai daerah nih. Pas bagi yang hobinya jaan-jalan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari budaya setempat nantinya.

Oke, itu dia tentang Manajemen Keuangan PKN STAN dan keunggulannya. Setelah membaca ini, ada yang tertarik untuk segera dapat diterima di jurusan ini? Komen di kolom komentar yaa …

Keunggulan Jurusan Pajak PKN STAN

Keunggulan Jurusan Pajak PKN STAN

Halo Pejuang STAN

Bagaimana sejauh ini dengan persiapan untuk SPMB tahun depan? Meski masih lama, namun kamu mesti prepare jauh-jauh hari yah. Meski sedikit, yang pentin rutin. Bisa dalam bentuk belajar mandiri, latihan soal, ataupun ikut bimbingan di bimbel.

Nah, selain persiapan diri, kamu juga perlu untuk mengetahui spesifikasi jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN. Kali ini akan dibahas mengenai jurusan Pajak dan keunggulannya. Yuk simak …

  1. Kuning sebagai warna identitas

Di PKN STAN, masing-masing jurusan mempunyai warna-warna yang berbeda sesuai dengan jurusanya nih. Warna ini digunakan untuk kalung KTM, panji, dan lainnya. Nah, jurusan Pajak mempunyai identitas warna kuning ya.

  1. Jurusan favorit

Pajak termasuk jurusan yang paling banyak peminatnya lho. Karena memang masa depan orang-orang pajak biasanya cerah gemilang. Namun lulusan jurusan lain di PKN STAN juga punya karir cerah gemilang kok, hehehe.

  1. Kuota penerimaan banyak

Dari tahun ke tahun, tercatat kuota penerimaan Pajak yang aling banyak. Hal ini karena memang kebutuhan pegawai pemerintah di bidang pajak masih tinggi.

  1. Melatih kesabaran

Namanya anak Pajak, pasti sering melihat angka-angka ya. Karena itu, kesabaran memang dilatih nih.. Nggak hanya kesabaran, juga dibutuhkan ketelitian ya jika menjadi mahasiswa Pajak.

  1. Finansial terjamin

Lulusan Pajak PKN STAN, finansialnya terjamin nih guys.  Karena amanah yang dipegang orang yang bekerja di sektor pajak itu tinggi, maka pendapatannya juga cukup besar dibanding yang lain. Meski gajinya sama, namun tunjangan yang didapat lebih tinggi.

  1. Penempatan tidak terlalu di pelosok

Nah, jika kamu yang ingin berkunjung ke daerah di Indonesia, namun tidak ingin yang terlalu di pelosok, bisa jadi pertimbangan juga untuk memilih jurusan ini nih …

 

Okee, itu dia beberapa keunggulan dari jurusan Pajak PKN STAN. Sudah cukup untuk membuatmu jadi menginginkan berkuliah di jurusan ini? Selain itu, jika kamu punya kenalan yang sedang atau pernah berkuliah di PKN STAN, kamu bisa tanya-tanya juga tuh agar lebih tahu ….

5 Keunggulan Jadi Mahasiswa Bea Cukai PKN STAN

5 Keunggulan Jadi Mahasiswa Bea Cukai PKN STAN

Bea Cukai memang istimewa nih. Ada beberapa perbedaan yang ada di jurusan ini dibanding dengan jurusan lainnya yang ada di PKN STAN. Salah satunya, di hari Selasa, anak Bea Cukai itu pakai seragam loh … Termasuk persyaratan saat pendaftaran yang diajukan untuk pendaftar jurusan ini.

Yuk lihat apa saja keunggulan jurusan ini …

  1. Ada prodi D1 dan D3

Ada dua prodi nih, yaitu D1 yang kuliah setahun dan prodi D3 yang kuliah selama tiga tahun. Bisa dipilih lebih sesuai yang mana nih. Mahasiswa prodi D1, dengan masa kuliah yang singkat akan bisa langsung bekerja di lingkungan kementerian. Bayangkan, di umur 19-20 tahun, kamu sudah bisa mandiri secara finansial lho

  1. Mempunyai mental yang lebih disiplin

Seluruh mahasiswa PKN STAN itu disiplin, terkhusus Bea Cukai. Ada beberapa peraturan tambahan bagi mahasiswa Bea  Cukai. Hal ini membentuk karakter mereka menjadi lebih disiplin dibanding jurusan lainnya.

  1. Lebih sehat

Fisik mahasiswa Bea Cukai sangat diperhatikan nih. Mereka harus menjalani latihan rutin, seperti lari, push up, dan gerakan-gerakan lain. Nggak heran tubuh mahasiswa BC lebih tegap dan berotot (bagi yang laki-laki).

  1. Kelak akan bekerja di lapangan

Untuk kamu yang berjiwa petualang. Lulusan Bea Cukai banyak yang bekerja di lapangan, seperti menjaga perbatasan negara, termsuk di lautan (khusus untuk lulusan Bea Cukai yang laki-laki, karena lulusan yang perempuan mengurus di bagian administrasi).

  1. Kemampuan bahasa Inggris oke punya

Karena banyak yang berhubungan dengan pihak asing, seperti kapal berbendera negara lain, maupun para warga asing yang datang ke sini. Sehingga wajar nih jika semasa kuliah, kemampuan bahasa Inggris anak Bea Cukai akan digembleng. Saat lulus, yang pasti bakalan cas-cis-cus jika berbicara dalam bahasa asing satu ini.

 

Nah, itu dia keunggulan jurusan Bea Cukai PKN STAN. Seru yah … Kamu tertarik untuk mendaftar jurusan ini? ^_^