3 Cara Agar Waktu Menjadi Efektif

3 Cara Agar Waktu Menjadi Efektif

Tiap manusa diberikan waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari dan tujuh hari dalam seminggu. Tapi, hasil dari penggunaan waktu ini berbeda-beda nih…  Nah, untuk itu, kamu perlu untuk menggunakan waktu dengan efektif guys. Berikut ini ada tiga cara agar kamu bisa memanfaatkan waktu secara efektif. Yuk simak ya…

  1. Membuat daftar “To Do List”

Daftar to do list ini bisa juga disebut sebagai daftara kegiatan yang akan dilakukan. Daftar ini penting dibuat, agar kegiatan yang kamu lakukan dapat menjadi lebih teratur. Daftar ini juga bermanfaat banget bagi yang sering lupa terkait agenda apa yang akan dilakukan.

  1. Menetapkan deadline

Ini juga perlu nih, tergantung kebutuhan dan urgensitas agenda tersebut. Deadine yang dibuat akan bermanfaat sehingga kamu lebih disiplin dalam mengerjkan agenda tersebut. Misalnya nih, kamu memberi batas waktu untuk mengerjakan satu tugas dalam jangka wakut dua hari. Nah, kamu juga harus untuk mematuhi deadline yang sudah kamu buat, dan kamu juga nggak akan terkejar-kejar dalam membuat tugas tersebut di malam hari sebelum pengumpulan tugas tersebut.

  1. Fokus

Fokus itu penting banget nih. Dengan fokus, kamu bisa menyelesaikan tugasmu dengan langsung dan sesuai deadline. Jika kamu susah untuk fokus, meski kamu sudah berusaha untuk mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan, namun kamu akan gampang terdistraksi dengan hal lain. Sehingga yang ada kamu akan membutuhkan lama dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan yang akan yang kamu kerjakan. Bahkan berkemungkinan juga untuk tidak on time dalam menyelesaikannya.

 

Nah,  itu dia tiga hal waktu kamu menjadi lebih efektif. Mengingat bahwa waktu kini berjalan dengan cepat dan tidak akan bisa diulang lagi, juga menjadi hal yang akan menjadikanmu untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik-baikya guys …

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu yah…

Keunggulan Jurusan Manajemen Keuangan di PKN STAN

Keunggulan Jurusan Manajemen Keuangan di PKN STAN

Nah, ini dia jurusan selanjutnya yang akan dibahas di artikel kali ini nih … Apa aja sih spesifikasi di jurusan ini? Apa saja keunggulannya? Yuk simak informasi d bawah ini:

1.       Merah sebagai warna identitas

Beda jurusan, beda warna identitasnya. Hal ini pula yang berlaku di kampus PKN STAN. BAhkan pemakaian warna ini tampak menonjol dengan penggunaan warna di kalung KTM para mahasiswa. Nah, kalau Manajemen Keuangan, lambangnya merah nih guys …

2.       Jurusan eksklusif

Jurusan Manajemen Keuangan dibagi lagi ke dalam beberapa program studi, yaitu Manajemen Aset dan Kebendaharaan Negara. Nah, tahu nggak, prodi  tersebut eksklusif loh. Alias hanya di PKN STAN saja, kampus yang mengajarkan mengenai kebendaharaan negara loh. Keren kan…

3.       Paling sedikit yang DO dari jurusan ini

DO alias Drop Out merupakan momok juga nih di kampus yang satu ini. Istilah DO memang nggak asing di lingkungan pendidikan. Meski begitu, biasanya jarang peserta didik, baik itu di kalangan kampus maupun sekolah yang terkena DO nih. Nah, di PKN STAN, DO ini harus diwanti-wanti loh. Karena mental anak PKN STAN yang dibentuk agar disiplin, pelaksanaan DO dilakukan dengan lebih ketat dibanding di kampus lain. Misalnya nih, jika di kampus lain, IPK di bawah 2.75 masih diperbolehkan, di PKN STAN mahasiswa dengan IPK di bawah tersebut terancam DO nih. Tapi tenang aja, rata-rata IPK mahasiswa di sini di atas 3 loh. Bahkan banyak yang di atas 3.5. So, jika mereka bisa, kamu tentu juga bisa. Dan terhitung, mahasiswa di jurusan Manajemen Keuangan yang paling sedikit di-DO.

4.       Penempatan tersebar di berbagai penjuru, bisa jalan-jalan deh

Yup, penempatan lulusan Manajemen Keuangan tersebar hingga ke berbagai daerah nih. Pas bagi yang hobinya jaan-jalan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari budaya setempat nantinya.

Oke, itu dia tentang Manajemen Keuangan PKN STAN dan keunggulannya. Setelah membaca ini, ada yang tertarik untuk segera dapat diterima di jurusan ini? Komen di kolom komentar yaa …

Keunggulan Jurusan Pajak PKN STAN

Keunggulan Jurusan Pajak PKN STAN

Halo Pejuang STAN

Bagaimana sejauh ini dengan persiapan untuk SPMB tahun depan? Meski masih lama, namun kamu mesti prepare jauh-jauh hari yah. Meski sedikit, yang pentin rutin. Bisa dalam bentuk belajar mandiri, latihan soal, ataupun ikut bimbingan di bimbel.

Nah, selain persiapan diri, kamu juga perlu untuk mengetahui spesifikasi jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN. Kali ini akan dibahas mengenai jurusan Pajak dan keunggulannya. Yuk simak …

  1. Kuning sebagai warna identitas

Di PKN STAN, masing-masing jurusan mempunyai warna-warna yang berbeda sesuai dengan jurusanya nih. Warna ini digunakan untuk kalung KTM, panji, dan lainnya. Nah, jurusan Pajak mempunyai identitas warna kuning ya.

  1. Jurusan favorit

Pajak termasuk jurusan yang paling banyak peminatnya lho. Karena memang masa depan orang-orang pajak biasanya cerah gemilang. Namun lulusan jurusan lain di PKN STAN juga punya karir cerah gemilang kok, hehehe.

  1. Kuota penerimaan banyak

Dari tahun ke tahun, tercatat kuota penerimaan Pajak yang aling banyak. Hal ini karena memang kebutuhan pegawai pemerintah di bidang pajak masih tinggi.

  1. Melatih kesabaran

Namanya anak Pajak, pasti sering melihat angka-angka ya. Karena itu, kesabaran memang dilatih nih.. Nggak hanya kesabaran, juga dibutuhkan ketelitian ya jika menjadi mahasiswa Pajak.

  1. Finansial terjamin

Lulusan Pajak PKN STAN, finansialnya terjamin nih guys.  Karena amanah yang dipegang orang yang bekerja di sektor pajak itu tinggi, maka pendapatannya juga cukup besar dibanding yang lain. Meski gajinya sama, namun tunjangan yang didapat lebih tinggi.

  1. Penempatan tidak terlalu di pelosok

Nah, jika kamu yang ingin berkunjung ke daerah di Indonesia, namun tidak ingin yang terlalu di pelosok, bisa jadi pertimbangan juga untuk memilih jurusan ini nih …

 

Okee, itu dia beberapa keunggulan dari jurusan Pajak PKN STAN. Sudah cukup untuk membuatmu jadi menginginkan berkuliah di jurusan ini? Selain itu, jika kamu punya kenalan yang sedang atau pernah berkuliah di PKN STAN, kamu bisa tanya-tanya juga tuh agar lebih tahu ….

5 Keunggulan Jadi Mahasiswa Bea Cukai PKN STAN

5 Keunggulan Jadi Mahasiswa Bea Cukai PKN STAN

Bea Cukai memang istimewa nih. Ada beberapa perbedaan yang ada di jurusan ini dibanding dengan jurusan lainnya yang ada di PKN STAN. Salah satunya, di hari Selasa, anak Bea Cukai itu pakai seragam loh … Termasuk persyaratan saat pendaftaran yang diajukan untuk pendaftar jurusan ini.

Yuk lihat apa saja keunggulan jurusan ini …

  1. Ada prodi D1 dan D3

Ada dua prodi nih, yaitu D1 yang kuliah setahun dan prodi D3 yang kuliah selama tiga tahun. Bisa dipilih lebih sesuai yang mana nih. Mahasiswa prodi D1, dengan masa kuliah yang singkat akan bisa langsung bekerja di lingkungan kementerian. Bayangkan, di umur 19-20 tahun, kamu sudah bisa mandiri secara finansial lho

  1. Mempunyai mental yang lebih disiplin

Seluruh mahasiswa PKN STAN itu disiplin, terkhusus Bea Cukai. Ada beberapa peraturan tambahan bagi mahasiswa Bea  Cukai. Hal ini membentuk karakter mereka menjadi lebih disiplin dibanding jurusan lainnya.

  1. Lebih sehat

Fisik mahasiswa Bea Cukai sangat diperhatikan nih. Mereka harus menjalani latihan rutin, seperti lari, push up, dan gerakan-gerakan lain. Nggak heran tubuh mahasiswa BC lebih tegap dan berotot (bagi yang laki-laki).

  1. Kelak akan bekerja di lapangan

Untuk kamu yang berjiwa petualang. Lulusan Bea Cukai banyak yang bekerja di lapangan, seperti menjaga perbatasan negara, termsuk di lautan (khusus untuk lulusan Bea Cukai yang laki-laki, karena lulusan yang perempuan mengurus di bagian administrasi).

  1. Kemampuan bahasa Inggris oke punya

Karena banyak yang berhubungan dengan pihak asing, seperti kapal berbendera negara lain, maupun para warga asing yang datang ke sini. Sehingga wajar nih jika semasa kuliah, kemampuan bahasa Inggris anak Bea Cukai akan digembleng. Saat lulus, yang pasti bakalan cas-cis-cus jika berbicara dalam bahasa asing satu ini.

 

Nah, itu dia keunggulan jurusan Bea Cukai PKN STAN. Seru yah … Kamu tertarik untuk mendaftar jurusan ini? ^_^

 

4 Keunggulan Kuliah di Jurusan Akuntansi PKN STAN

4 Keunggulan Kuliah di Jurusan Akuntansi PKN STAN

Jurusan Akuntansi memang terbilang jurusan yang ada di banyak perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Nah, di PKN STAN yang notabene perguruan tinggi kedinasan, jurusan ini juga ada nih. Namun tentunya Akuntansi di PKN STAN dengan Jurusan Akuntansi sedikit banyak berbeda dengan yang ada di kampus lain.

Oiya, masing-masing jurusan jurusan di PKN STAN mempunyai keunggulannya masing-maisng loh. NAh, yuk simak apa saja keunggulan Jurusan Akuntansi. Check this out:

  1. Tekad belajar yang kuat

Lingkungan di jurusan ini dominan membentuk mahasiswa mempunyai tekad belajar yang kuat. Bukan berarti mahasiswa jurusan lain tekad belajarnya nggak kuat yak. Namun anak Akuntansi PKN STAN, kegigihannya lebih menonjol lagi.

  1. Bisa lebih aktif di kampus

Jurusan Akuntansi yang ada di PKN STAN hanya menyediakan prodi Diploma III alias kuliahnya selama tiga tahun. Karena masa kuliah yang lebih panjang ini, seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi lebih berkesempatan untuk aktif di kampus. Baik itu untuk bergabung di organisasi dan komunitas, maupun turut serta dalam kegiatan kepanitiaan.

Jadi nggak heran ketika anak akuntansi juga yang paling banyak nih ditemukan sebagai anggota di organisasi tingkat kampus.

  1. Pilihan penempatan yang banyak

Ilmu akuntansi merupakan ilmu yang ‘merakyat’ dan lebih umum. Alias, banyak yang membutuhkan orang-orang lulusan akuntansi.  Nah, karena itu pilihan penempatan lulusan akuntansi ini banyak. Nggak hanya di lingkungan Kementerian Keuangan, namun juga bisa ditempatkan di lingkungan kementerian lain.

  1. Penempatan tersebar dari pusat hingga daerah

Ada lulusan yang ditempatkan di pusat, dan ada juga yang ditempatkan di daerah. Untukmu yang senang bertualang, menjelajahi tempat baru, belajar kebudayaan, akan senang nih kalau ditempatkan di daerah. Berdoa saja agar penempatanmu sesuai dengan yang kamu inginkan ya.

 

Nah, itu dia empat keunggulan kuliah di jurusan Akuntansi PKN STAN.  Selain empat hal di atas, akan kamu temukan hal-hal seru lainnya di jurusan ini.

Yang penting, semangat dulu untuk menembus ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yak. Jangan lupa persiapkan dengan baik.

(za)

 

 

 

Penting! 5 Pertimbangan untuk Memilih Pendidikan Lanjutan Anak

Penting! 5 Pertimbangan untuk Memilih Pendidikan Lanjutan Anak

Ada ribuan peruruan tinggi di Indonesia. Hal ini tentu cukup menggembirakan karena makin banyak institusi yang akan menjadikan para anak-anak bangsa menjadi populasi terdidik. Namun di sisi lain, para orang tua juga perlu untuk mencari tahu dan memilih, kampus yang mana yang tepat untuk buah hatinya.  Di sini poinnya bukan orangtua memaksakan kehendak, namun lebih pada pengarahan dan bimbingan yang dibutuhkan oleh anak.

Nah, berikut hal-hal yang mesti diperhatikan saat memilih kampus..

  1. Ketahui image / citra dari kampus tersebut

Ini penting. Citra dari kampus merupakan penggambaran dari kampus tersebut. Bisa juga disamakan dengan branding. Jika citra kampus tersebut sudah bagus, tentu menjadi salah satu indikator untuk menentuan apakah kampus tersebut tepat untuk dijadikan sebagai pilihan bagi putra-putri ayah dan bunda sekalian.

  1. Cari tahu tentang sarana pra sarana yang disediakan

Sarana dan pra sarana penting dalam mendukung proses belajar mengajar. Kualitas dosen, ruang kuliah, perpustakaan, kantin, dan lain-lain.

  1. Biaya pendidikan

Bagi sebagian orangtua, biaya pendidikan cukup menjadi pertimbangan dalam memilihkan kampus untuk putra-putrinya. Perguruan tinggi kedinasan (PTK) dapat menjadi pilihan untuk itu. PTK yang berada di bawah kementeria maupun institusi negara, memberikan beasiswa full pada mahasiswanya. Namun meski beasiswa full, kualitas kampus tetap teruji.

  1. Lihat alumni dari kampus

Melihat para alumni dari kampus tersebut juga bisa untuk dijadikan patokan. Misalnya, sudah dimana para lulusan tersebut bekerja. Memang betul bahwa tiap orang berbeda-beda pekerjaannya. Namun tentu bisa dilihat bagaimana sepak terjang mayoritas alumni tentu juga dipengaruhi bagaimana kehidupan dan pengalaman yang didapat saat kuliah.

  1. Prospek ke depan para lulusan

Umumnya, kemanakah para lulusan akan berkarir setelah lulus.. Misalnya, lulusan PKN STAN yang setelah wisuda akan bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai pegawai negeri sipil.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi rujukan untuk dalam memilih kampus. Dengan pemilihan kampus yang tepat, tentunya masa depan dari putra-putri dapat diprediksi.

5 Hal yang Diperhatikan Agar Tepat Memilih Bimbel STAN

5 Hal yang Diperhatikan Agar Tepat Memilih Bimbel STAN

Halo Pejuang STAN,

Bagaimana kabarnya dan semangatnya hari ini? Bagaimna dengan persiapannya untuk megikuti SPMB PKN STAN nantinya? Nah, kamu yang ingi  belajar dan mencari atmosfer yang tepat di bimbingan belajar alias bimbel, perlu lho untuk memilih dengan tepat.

Caranya, kamu mesti pastikan adakah lima hal ini di bimbel yang akan kamu kutuju.

  1. Berpengalaman

Nah, ini jadi salah satu pertimbangan utama nih. Kamu perlu mencari bimbel yang memang sudah terbukti dan berpengalaman. Caranya? Cek testimoni, lihat di internet, secara masa udah canggih banget nih sekarang.

 

  1. Tentor yang kece

Gimana sih tentor yang kece itu? Yaitu nggak Cuma keren ngajarnya, tapi juga ngasih perhatian dan motivasi buat siswa didiknya. Yup, sebagian siswa ada yang bermasalah di bagian kepercayaan diri nih, jadi harus dapat motivasi mantap untuk bisa mendongkrak semangat juang dalam belajar dan menghadapi ujian.

 

  1. Fasilitas oke

Fasilitas yang memadai dan oke dibutuhkan dalam menunjang kegiatan belajar nih. Konsentrasi bisa berkurang kalau belajar di ruangan yang panas, betul atau betul. Nah, jadi sebelum bimbel, kamu juga perlu cek fasilitas pendukung. Untuk bimbel STAN, kamu juga perlu cek, ada sesi kebugaran nggak untuk program garansi? Ada hypnotherapinggak untuk mendongkrak motivasi, ada modul yang mumpuni atau menunjnag nggak?

 

  1. Lokasi

Nah, pemilihan lokasi juga perlu nih. Di sekitar bimbel, fasilitasnya cukupkah? Misalnya yang bela-belain untuk kos, ketersediaan kosan di sekitar bimbel, serta tempat-tempat sumber makanan juga perlu dipastikan nih. Namun yang terpenting, jika lokasi bimbel kamu dekat dengan kampus PKN STAN, kamu secara tak langsung akan  makin termotivasi melihat mahasiswa yang lalu-lalang. Bahkan berkunjung ke kampus juga jadi metode kamu untuk makin membangkitkan semangat saat berjuang untuk PKN STAN.

 

  1. Program garansi

Program garansi diartikan sebagai program jaminan. Ada loh bimbel yang memberikan garansi 100%! Weleh weleh.

Apa jaminannya kak?

Jaminannya berupa uang kembali 100% jika siswa tidak lulus. Bimbel STAN Infinity menerapkan sistem ini, dan ini berlaku di semua program. Dengan garansi 100% tersebut, tentunya jadi salah satu jaminan untuk kepercayaan siswa dalam memilih bimbel yang tepat.

 

Nah, itu dia lima poin yang bisa kamu pakai sebagai indikator pertimbangan untuk memilih bimbel STAN yang tepat. Jika terpenuhi, maka itu bimbel yang nggak Cuma keren, tapi pastinya juga asyik. Semangat belajar ya guys.. Semangat menuju PKN STAN…!

 

 

6 Hal yang Bikin Kamu Bangga Jadi Anak STAN

6 Hal yang Bikin Kamu Bangga Jadi Anak STAN

Bangga nggak sih, ketika kita masuk ke kampus yang sudah lama diidam-idamkan. Nah, begitu juga dengan PKN STAN. Yuk simak, apa aja sih yang membuat kuliah di PKN STAN jadi kebanggaan..

  1. Membanggakan orang tua

Dengan berhasilnya kamu masuk ke PKN STAN, hal ini bikin bangga orang tuamu loh.. Kenapa? Yup, wajar jika orang tua bangga akan tiap keberhasilan sang anak.

 

  1. Meringankan beban orang tua

Nedt, dan yang sering jadi alasan banyak yang mau masuk PKN STAN: ingin meringankan beban orang tua.

Dengan perkuliahan yang tak perlu bayar SPP lagi, di tengah mahalnya biaya-biaya di kampus lain, tentunya orang tuamu nggak perlu memikirkan mengenai biaya pendidikan kamu lagi.

 

  1. Setelah lulus langsung bekerja, dapat gaji, bisa bantu ekonomi keluarga deh

Dengan masa kuliah yang lebih singkat, dan langsung bekerja dengan gaji yang memadai, kamu juga bisa lebih cepat untuk membalas budi ke orang tuamu dalam bentuk finansial. Mungkin bantuin nyekolahin adik-adik, atau hal-hal lainnya.

 

  1. Punggawa keuangan negara

Setelah melewati perkuliahan dan lulus, kamu akan bekerja di lingkungan kementerian keuangan nih. So, jadi punggawa keuangan negara deh yang notabene mengurus kepentingan negara.

 

  1. Melayani warga

Senada dengan poin 4, dengan bekerjanya kamu di lingkungan kementerian keuangan, maka berarti kamu mengurus hajat hidup orang banyak nih…Melayani warga..  Itu suatu kebanggan loh. Ingat, bekerja bukan sekedar bekerja saja, namun bekerja adalah pengabdian guys..

 

6. Bertemu dengan orang-orang hebat

Dengan kuliah di PKN STAN, kamu akan sering ketemu orang-orang hebat nih. Salah satunya seperti pada foto di atas. Btw, buat kamu lulusan terbaik, kamu akan diwisuda langsung oleh Bu Sri Mulyani alias Menteri Keuangan Republik Indonesia nih… Wah, mantap banget.

Okesip, itu lima hal yang menjadi poin-poin, kenapa sih kuliah di PKN STAN itu suatu kebanggaan. Atau kamu ada hal-hal  lain yang menambahkan alasan di  atas?

So, dari sekarang, niatkan dengan lurus, dan bulatkan tekadmu, serta persiapkan dengan baik agar kamu bisa segera masuk PKN STAN yah..

 

 

Pejuang STAN Mesti Tahu!  Kuliah Gratis di Kampus Favorit = Balas Budi Ke Ortu

Pejuang STAN Mesti Tahu! Kuliah Gratis di Kampus Favorit = Balas Budi Ke Ortu

Halo…

Masa-masa peralihan dari SMA ke dunia perkuliahan merupakan masa galau bagi sebagian orang. Selain mencari tahu tentang berbagai pilihan perguruan tinggi, calon mahasiswa ini juga mencari kampus-kamppus dimana mereka bisa mendapatkan beasiswa. Kamu termasuk pencari beasiswa juga, Infiniters?

 

Ada nggak sih dari kamu yang ingin bisa kuliah gratis? Pastinya mau dong ya..

Biaya pendidikan di jenjang perkuliahan memang tergolong tinggi. Meski di satu sisi, juga banyak yang mendapat keringanan dalam pembayaran uang kuliah, maupun mendapatkan beasiswa. Jenis beasiswa pun beragam.

Ada yang menerima beasiswa dalam bentuk uang dalam satu periode, misalnya per tahun, atau per semester. Dan ada beasiswa yang dalam bentuk membebaskan sang awardee (penerima beasiswa) dari biaya pendidikan sama sekali, alias gratis untuk beberapa mahasiswa tertentu.

Tapi, tahukah kamu, ada lho kampus yang memang membebaskan semua mahasiswanya dari biaya pendidikan, meski jumlahnya terbilang sangat sedikit. Salah satunya perguruan tinggi kedinasan (PTK) nih, yang dikelola oleh pemerintah. Dan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi negara (PKN STAN).

Nah, buat yang agak terkendala dengan biaya kuliah, STAN pilihan tepat bagimu yang ingin bisa tetap kuliah, namun tak ingin membebani orang tua dengan mahalnya biaya pendidikan di sebagian besar perguruan tinggi saat ini.

 

Tetap Berkuliah di Tempat yang Berkualitas

Eits, meskipun gratis, kuliah di STAN itu dijamin tetap bakal mendidik kamu untku jadi mahasiswa dan lulusan yang keren lho ya. Tentu saja, karena PKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Di STAN, kamu sudah nggak perlu lagi untuk hunting beasiswa per periode, baik itu dalam jangka waktu per semester atau per tahun. Karena di STAN, dari awal hingga akhir,biaya pendidikannya sudah dijamin gratis. Nggak cuma membebaskan biaya kuliah, namun mahasiswa STAN juga akan difasilitasi dengan buku gratis dari kampus. Keren kan..

 

Mengurangi Beban Ortu dan Membuat Ortu Bangga

Rata-rata, mahasiswa STAN jika ditanya, kenapa memilih STAN, jawaban mereka adalah: karena kuliahnya gratis, ingin meringankan beban orang tua, dan ingin bisa langsung kerja sehingga bisa cepat membantu orang tua dalam segi finansial. Di sisi lain, hal ini merupakan bentuk balas budi ke ortu lho.

Gimana dengan kamu guys?

Ada juga lho mahasiswa STAN yang nggak minta uang lagi ke orang tuanya. Beberapa memilih untuk cari tambahan penghasilan dengan ngajar di bimbel stan, ataupun jualan online. Keren kan..

Di usia muda, udah nggak membebani orang tua lagi nih.. Kamu juga bisa kok kayak gitu, Infiniters..

 

Perlu Perjuangan Nih…

Untuk berkuliah di kampus ini, kamu mesti hadapi dulu seleksi yang lumayan ketat ya Infiniters. Wajar, karena seperti yang sudah disebutkan di atas nih, meskipun kuliahnya gratis, para mahasiswa STAN akan digembleng baik itu ilmu pengetahuan maupun karakternya. Sehingga nantinya akan menjadi punggawa keuangan negara yang keren dan siap mengabdi ke negara.

Makanya, tes masuk STAN yang biasa disebut sebagai SPMB PKN STAN terdiri dari beberapa tahap yang akan menyeleksi dan memilih putera-puteri terbaik bangsa.

Ditambah dengan status STAN yang termasuk dalam kampus beken di Indonesia, pastinya orang tuamu akan bangga jika kamu tercatat sebagai mahasiswa di sini.

Nah, meski SPMB STAN ketat, namun bukan berarti kamu nggak bisa melaluinya kok. Asalkan kamu melakukan persiapan dengan baik, kelak kamu akan mencatatkan namamu sebagai STANer.

 

3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Bea dan Cukai STAN  Laki-laki Mesti Baca!

3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Bea dan Cukai STAN Laki-laki Mesti Baca!

Halo Pejuang STAN

Kamu sudah tahu kan kalau di PKN STAN terdiri dari beberapa jurusan. Akuntansi, Manajemen Keuangan, Pajak, dan Bea Cukai. Kali ini, khusus yang akan dibahas Bea Cukai nih…

Jurusan yang satu ini memang agak berbeda dibanding jurusan PKN STAN lainnya. Bahkan bagi yang ingin mendaftar, Bea dan Cukai memiliki syarat khusus yang mesti dipenuhi, yang nggak ada di persyaratan jurusan lainnya.

Pada jurusan ini terdapat 2 program studi / prodi. Yaitu Diploma I (DI) dan Diploma III (DIII). Sesuai dengan namanya, masing-masing mempunyai durasi atau lama pendidikan selama satu tahun dan tiga tahun.

Nah, apa aja sih karakteristik lain jurusan yang satu ini? Ingin tahu lebih lanjut? Yuk ikuti info berikut ya..

 

  1. Persyaratan Fisik

Untuk prodi DI, mahasiswi perempuan wajib memiliki tinggi minimal 155 cm. Sementara untuk laki-laki, tinggi minimal yang diminta ialah 165 cm. Tinggi para calon mahasiswa ini menjadi syarat untuk mendaftar dan akan diukur kembali ketika tes kesehatan yang berlangsung pada tahap 2 rangkaian di Ujian Saringan Masuk (USM) STAN.

Nah, jika DI perempuan bisa ikut mendaftar, beda untuk prodi DIII nih Infiniters. Hanya laki-laki saja yang bisa mendaftar. Kenapa? Karena memang nantinya setelah lulus, lulusan DIII Bea dan Cukai akan ditaruh di daerah penempatan yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan fisik. Hal ini juga berhubungan dengan kebutuhan akan tenaga fisik pada pekerjaan yang akan dilakukan oleh lulusan jurusan ini.

Untuk persayaratan pendaftaran yang ditetapkan, minimal tinggi yang diminta ialah 165cm. Juga terdapat syarat lainnya nih. Untuk menjadi mahasiswa Bea dan Cukai, jika merupakan seorang pengguna kacamata, maka tak boleh lebih dari dua dioptri.Serta juga tak boleh buta warna, baik itu buta warna parsial maupun buta warna total.

 

  1. Sistem Semi Militer

Nah, ini juga menjelaskan persyaratan fisik yang diminta di atas. Jurusan Bea dan Cukai memang dituntut untuk selalu disiplin dan tubuh mahasiswa jurusan ini digembleng agar fit dan sehat. Ketika berkuliah, mahasiswa Bea dan Cukai rutin diminta untuk latihan fisik, seperti push up,lari, dan sebagainya. Setelah lulus nantinya, mereka biasanya akan ditempatkan di pelabuhan atau di perbatasan. Nantinya mereka akan ditugaskan menjaga transaksi jual beli antar negara, atau ekspor-impor.

 

  1. Mata Kuliah

Di Bea dan Cukai, ada materi tentang material kimiawi, logam, dan sebagainya lho. Jadi seperti mahasiswa Jurusan Kimia ya? Tapi materi itu memang dibutuhkan saat lulusan Bea dan Cukai bekerja nantinya. Porsi pengajaran Bahasa Inggris juga dilebihkan di sini. Disebabkan karena lulusan Bea dan Cukai nantinya akan berhubungan dengan negara asing.

 

  1. Pekerjaan

Pekerjaan yang didapat oleh lulusan D1, biasanya lebih fokus untuk mengurus dokumen. Sementara untuk D3 juga akan turun ke lapangan.  Nantinya mereka akan mengawasi barang-barang yang akan masuk ke Indonesia. Baik itu di bandara, maupun di pelabuhan. Mereka di bawah naungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

  1. Gaji Setelah Lulus

Untuk D1, gaji yang akan didapatkan setelah lulus, lalu penempatan dan bekerja berkisar di angka 5juta. Padahal baru kuliah setahun lho. Tapi gajinya melampaui UMR semua provinsi di Indonesia. Sementara itu untuk lulusan D3, gajinya berkisar di angka 8 juta. Itu nominal gaji di awal bekerja ya.. Di kemudian hari, ada kenaikan gaji juga pastinya.

 

Nah, itu dia sekilas tentang Jurusan Bea dan Cukai, Infiniters. Jurusan yang lebih mengutamakan laki-laki untuk program DIII-nya. Untuk perempuan yang tertarik dengan jurusan ini, bisa daftar ke D1 kok.. Bagaimana? Kamu berminat pada jurusan ini?

Dengan menjadi lulusan Bea dan Cukai, kamulah yang nantinya akan menjaga negara dari barang-barang asing dan terlarang dari luar negeri, agar tak masuk ke Indonesia.. So, siapkan dirimu ya…